Lembaga keuangan memberikan pelayanan terbaik kepada anggota atau nasabah. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah adanya petugas lapangan yang mendatangi anggota/nasabah untuk melakukan transaksi keuangan yaitu setoran dan penarikan simpanan/tabungan serta angsuran pembiayaan/kredit. Umumnya transaksi yang dilakukan petugas lapangan kepada anggota/nasabah masih belum menggunakan teknologi atau manual.
Transaksi keuangan yang dilakukan petugas lapangan secara manual memiliki kelemahan-kelemahan, diantaranya :
- Adanya potensi Fraud
- Kurang efektif
- Kesalahan dalam penulisan manual dan dalam input transaksi
- Kemungkinan manipulasi transaksi
- Validasi data transaksi rendah
- Performasi kinerja petugas lapangan kurang terukur
- Image lembaga menurun
Dengan adanya kelemahan dan kekurangan dalam transaksi manual, diperlukan solusi dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada anggota/nasabah.
Solusi U-Mobile
Solusi untuk meningkatkan pelayanan terbaik lembaga keuangan kepada anggota/nasabah adalah dengan menggunakan teknologi tepat guna. U-Mobile adalah solusi untuk meningkatkan pelayanan lembaga keuangan kepada anggota/nasabah.
U-Mobile adalah aplikasi yang ditanam pada smartphone Android yang digunakan oleh petugas lapangan Lembaga keuangan (Koperasi, BMT, BPR, BPRS) untuk melakukan transaksi keuangan kepada anggota/nasabah. Transaksi keuangan yang dapat dilayani meliputi :
- Setoran Simpanan/tabungan
- Angsuran pembiayaan/kredit
- Penarikan simpanan/tabungan
- Keuntungan menggunakan U-Mobile
- Meminimalkan potensi Fraud
- Efektif, akurat dan efisien
- Tidak ada proses transaksi manual
- Meminimalkan manipulasi transaksi
- Validasi data akurat
- Performansi kinerja petugas terukur
- Meningkatkan Image dan kepercayaan nasabah/anggota

TOPOLOGY LAYANAN U-MOBILE
- Petugas Lapangan melakukan transaksi keuangan kepada anggota/nasabah menggunakan perangkat U-Mobile. Smartphone untuk melakukan transaksi keuangan dan mobile printer mencetak struk transaksi.
- Transaksi yang dilakukan petugas lapangan terkirim secara online dengan paket data/internet melalui USID Network atau jaringan USID ke server customer.
- Data transaksi yang dilakukan petugas lapangan terkirim ke server dan ditangkap oleh U-Gate. Aplikasi yang berfungsi sebagai integrator hasil transaksi kepada System Informasi.
- Proses integrasi data transaksi yang diterima U-Gate masuk/insert ke database.
- Hasil transaksi petugas lapangan dapat di lihat pada system Informasi/Corebanking.
LAYANAN U-MOBILE
Smartphone yang telah diinstal aplikasi U-Mobile merupakan perangkat inti dari aplikasi U-Mobile. Smartphone digunakan petugas lapangan dalam melakukan transaksi keuangan kepada nasabah/anggota.
Mobile Printer merupakan alat untuk mencetak bukti transaksi/slip yang dilakukan petugas lapangan. Nasabah/anggota menerima bukti transaksi berupa struk/slip transaksi. Dalam bukti transaksi tersebut ditampilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan.
U-Gate
Merupakan aplikasi desktop yang mudah dalam pengoperasian dan menampilkan informasi data-data transaksi petugas lapangan pengguna U-Mobile. U-Gate terinstal pada komputer customer memiliki fungsi utama untuk mengintegrasikan hasil transaksi dengan U-Mobile ke System Informasi/Corebanking.

Gateway digunakan untuk :
- download data nasabah Sebelum petugas lapangan melakukan transaksi kepada nasabah/anggota wajib melakukan download data nasabah. Proses download data nasabah selesai petugas lapangan dapat melakukan transaksi keuangan kepada anggota/nasabah.
- upload data transaksi. Petugas selesai melakukan transaksi pada nasabah/anggota, petugas lapangan wajib upload data-data transaksi melalui gateway
- Menampilkan data transaksi dalam PDF
- Menangkap transaksi online U-Mobile
- Memproses transaksi U-Mobile masuk ke System Informasi/Corebanking
- Backup hasil transaksi U-Mobile
SYSTEM INFORMASI / COREBANKING
System Informasi/corebanking adalah system komputerisasi yang digunakan oleh Lembaga Keuangan. Layanan U-Mobile terintegrasi dan support dengan berbagai system informasi/core banking. Dengan U-Mobile, lembaga keuangan tidak perlu mengganti system Informasi/corebanking.
- Hasil Transaksi U-Mobile yang telah terintegrasi oleh U-Gate masuk ke database system Informasi/corebanking.
- System Informasi/corebanking dapat cek semua transaksi yang dilakukan petugas lapangan yang menggunakan U-Mobile
MANFAAT
Keuntungan menggunakan U-Mobile
- Praktis dan mudah dalam pengoperasian
- Efektif, efisien dan akurat
- Support dengan berbagai jenis device Android
- Tercetak struk/slip sebagai bukti transaksi
- Transaksi Online dan Offline
Keuntungan bagi Management Lembaga keuangan menggunakan U-Mobile
- Monitoring petugas lapangan
- Kinerja petugas lapangan dapat terukur
- Meminimalkan potensi Fraud
- Terintegrasi dengan System Corebanking
- Support dengan berbagai System corebanking
- Meningkatkan kepercayaan anggota/nasabah
Support Layanan U-Mobile
Kami memberikan support penuh untuk layanan U-Mobile
- Layanan Call Center
- Remote
- Update