Lembaga keuangan memberikan pelayanan terbaik kepada anggota atau nasabah. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah adanya petugas lapangan yang mendatangi anggota/nasabah untuk melakukan transaksi keuangan yaitu setoran dan penarikan simpanan/tabungan serta angsuran pembiayaan/kredit. Umumnya transaksi yang dilakukan petugas lapangan kepada anggota/nasabah masih belum menggunakan teknologi atau manual.

Transaksi keuangan yang dilakukan petugas lapangan secara manual memiliki kelemahan-kelemahan, diantaranya :

  • Adanya potensi Fraud
  • Kurang efektif
  • Kesalahan dalam penulisan manual dan dalam input transaksi
  • Kemungkinan manipulasi transaksi
  • Validasi data transaksi rendah
  • Performasi kinerja petugas lapangan kurang terukur
  • Image lembaga menurun

Dengan adanya kelemahan dan kekurangan dalam transaksi manual, diperlukan solusi dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada anggota/nasabah.


Solusi U-Mobile

Solusi untuk meningkatkan pelayanan terbaik lembaga keuangan kepada anggota/nasabah adalah dengan menggunakan teknologi tepat guna. U-Mobile adalah solusi untuk meningkatkan pelayanan lembaga keuangan kepada anggota/nasabah.

U-Mobile adalah aplikasi yang ditanam pada smartphone Android yang digunakan oleh petugas lapangan Lembaga keuangan (Koperasi, BMT, BPR, BPRS) untuk melakukan transaksi keuangan kepada anggota/nasabah. Transaksi keuangan yang dapat dilayani meliputi :

  • Setoran Simpanan/tabungan
  • Angsuran pembiayaan/kredit
  • Penarikan simpanan/tabungan
  • Keuntungan menggunakan U-Mobile
  • Meminimalkan potensi Fraud
  • Efektif, akurat dan efisien
  • Tidak ada proses transaksi manual
  • Meminimalkan manipulasi transaksi
  • Validasi data akurat
  • Performansi kinerja petugas terukur
  • Meningkatkan Image dan kepercayaan nasabah/anggota

TOPOLOGY LAYANAN U-MOBILE

  • Petugas Lapangan melakukan transaksi keuangan kepada anggota/nasabah menggunakan perangkat U-Mobile. Smartphone untuk melakukan transaksi keuangan dan mobile printer mencetak struk transaksi.
  • Transaksi yang dilakukan petugas lapangan terkirim secara online dengan paket data/internet melalui USID Network atau jaringan USID ke server customer.
  • Data transaksi yang dilakukan petugas lapangan terkirim ke server dan ditangkap oleh U-Gate. Aplikasi yang berfungsi sebagai integrator hasil transaksi kepada System Informasi.
  • Proses integrasi data transaksi yang diterima U-Gate masuk/insert ke database.
  • Hasil transaksi petugas lapangan dapat di lihat pada system Informasi/Corebanking.

LAYANAN U-MOBILE

Smartphone yang telah diinstal aplikasi U-Mobile merupakan perangkat inti dari aplikasi U-Mobile. Smartphone digunakan petugas lapangan dalam melakukan transaksi keuangan kepada nasabah/anggota.

Mobile Printer merupakan alat untuk mencetak bukti transaksi/slip yang dilakukan petugas lapangan. Nasabah/anggota menerima bukti transaksi berupa struk/slip transaksi. Dalam bukti transaksi tersebut ditampilkan informasi-informasi yang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan.


U-Gate

Merupakan aplikasi desktop yang mudah dalam pengoperasian dan menampilkan informasi data-data transaksi petugas lapangan pengguna U-Mobile. U-Gate terinstal pada komputer customer memiliki fungsi utama untuk mengintegrasikan hasil transaksi dengan U-Mobile ke System Informasi/Corebanking.

Gateway digunakan untuk :

  • download data nasabah Sebelum petugas lapangan melakukan transaksi kepada nasabah/anggota wajib melakukan download data nasabah. Proses download data nasabah selesai petugas lapangan dapat melakukan transaksi keuangan kepada anggota/nasabah.
  • upload data transaksi. Petugas selesai melakukan transaksi pada nasabah/anggota, petugas lapangan wajib upload data-data transaksi melalui gateway
  • Menampilkan data transaksi dalam PDF
  • Menangkap transaksi online U-Mobile
  • Memproses transaksi U-Mobile masuk ke System Informasi/Corebanking
  • Backup hasil transaksi U-Mobile

SYSTEM INFORMASI / COREBANKING

System Informasi/corebanking adalah system komputerisasi yang digunakan oleh Lembaga Keuangan. Layanan U-Mobile terintegrasi dan support dengan berbagai system informasi/core banking. Dengan U-Mobile, lembaga keuangan tidak perlu mengganti system Informasi/corebanking.

  • Hasil Transaksi U-Mobile yang telah terintegrasi oleh U-Gate masuk ke database system Informasi/corebanking.
  • System Informasi/corebanking dapat cek semua transaksi yang dilakukan petugas lapangan yang menggunakan U-Mobile

MANFAAT

Keuntungan menggunakan U-Mobile

  • Praktis dan mudah dalam pengoperasian
  • Efektif, efisien dan akurat
  • Support dengan berbagai jenis device Android
  • Tercetak struk/slip sebagai bukti transaksi
  • Transaksi Online dan Offline

Keuntungan bagi Management Lembaga keuangan menggunakan U-Mobile

  • Monitoring petugas lapangan
  • Kinerja petugas lapangan dapat terukur
  • Meminimalkan potensi Fraud
  • Terintegrasi dengan System Corebanking
  • Support dengan berbagai System corebanking
  • Meningkatkan kepercayaan anggota/nasabah


Support Layanan U-Mobile

Layanan U-Mobile merupakan produk yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Dengan SDM yang professional dan kompeten kami siap untuk memberikan support dan maintenance terbaik untuk Layanan U-Mobile.

Kami memberikan support penuh untuk layanan U-Mobile

  • Layanan Call Center
  • Email
  • Remote
  • Update